Resensi Film: 9

Bermula seorang ilmuwan sadar. Bahwa mesin-mesin yang telah diciptakan manusia, kelak membawa malapetaka bagi kehidupan di planet bumi. Mesin-mesin yang tadinya diciptakan untuk dapat  memudahkan segala urusan duniawi, akhirnya menjadi bumerang bagi umat manusia di bumi secara menyeluruh. Hal keadaan ini terjadi pada klimaks yang sangat tragis ketika mesin tersebut memang benar-benar menghancurkan kehidupan di bumi. 


Pada keadaan sadar yang boleh dikatakan sudah rada-rada telat ini, sang ilmuwan pun seperti mendapati ilham untuk menciptakan boneka-boneka, dimana nantinya dia mengharapkan boneka-boneka ini akan menjadi peredam kebrutalan mesin-mesin tersebut. Si ilmuwan memahami bahwa menyangkut dengan cara kerja mesin, maka menyangkut pula ia dengan angka-angka. Karenanya dia memutuskan menciptakan wujud angka-angka dalam bentuk boneka. Angka 1 sampai dengan 9. 


Dan layarpun mulai dibuka. Sebentar, paragraf di atas cuma intro pembuka dari saya aja, gan. 


Kita membicarakan film kali ini. Sebuah film animasi tentang perjuangan boneka-boneka angka dalam mempertahankan hidup dari ancaman perang yang digencarkan mesin-mesin. Film dimulai dengan intro gambar seorang menjahitkan sebuah boneka dari goni, dan kemudian membubuhkan simbol angka 9 di punggungnya. Inilah yang jadi judul filmnya. 9. Ya, sembilan, bahasa inggrisnya, nine. Maka setelahnya film berjalan sesuai dengan alurnya. Sesuai dengan keinginan si sutradara film itu sendiri. Hehehe...


Baik. Sekarang dengan serius. Film animasi ini seperti yang pernah saya baca di artikel-artikel, bercerita tentang petualangan angka-angka yang berwujud boneka dalam mempertahankan hidup dari ancaman agresi mesin-mesin. Mesin ini dikuasai oleh semacam otak, yang dapat memproduksi berbagai robot dari rongsokan apapun untuk dijadikan mesin pembunuhnya itu. Hmmmm... Dalam sebuah artikel menyebut bahwa menonton film ini seperti melihat sebuah buku cerita anak yang diangkat ke layar lebar. Memang tak lebih kurang begitu. Tapi yang menjadi perhatian saya dengan film ini sehingga saya berkeinginan membicarakannya (meresensi) di sini adalah unsur-unsur filosofis yang terdapat dalam karakter tokoh-tokoh yang diangkat. 1 sampai 9 sebagai tokoh protagonis, dan mesin utama yang bisa kita sebut sebagai otak mesin sebagai tokoh antagonisnya. 


Nah, ketika menonton film ini, saya dihadapkan pada pemahaman tentang keberadaan angka-angka, mulai dari 0 sampai 9. Saya mulai teringat kembali dengan buku Biografi Angka Nol yang pernah saya baca. Di sini, dalam film ini, saya menjumpai adanya keterhubungan cerita film dengan apa yang pernah saya baca di buku tadi. Dalam buku Biografi Angka Nol, disebutkan bahwa pada mulanya pemahaman orang Barat terhadap angka nol adalah angka yang tidak diakui keberadaannya. Angka nol adalah momok, angka yang menakutkan. So, dalam film ini seperti saya sebut tadi, bahwa otak mesin menjadi momok bagi kehidupan manusia, dan kemudian menjadi semacam ancaman yang dahsyat bagi angka-angka 1 sampai 9 sebagai tokoh utama. Dan dalam sebuah adegan, ketika 5 ditangkap, tenaganya disedot oleh otak mesin; dimana bentuk otak mesin ini pun berupa bulatan yang disangga kaki-kaki robot. Bukankah, dalam hukum matematika setiap perkalian/pembagian dengan nol menghasilkan nol itu sendiri? Inilah letak pemancing film 9 saya kira. Secara sembunyi suatu pesan tentang pemahaman kaum-kaum phytagorean pada abad-abad sebelum masehi yang tidak mengakui keeksistensian nol seperti ingin disampaikan Tim Burton, dkk. selaku produser film ini. Tapi ini hanya semacam perkiraan saya saja. 


Lebih lanjut, film 9 ini memang mengesankan. Cocok ditonton selain oleh anak-anak, juga cocok menjadi santapan mahasiswa-mahasiswa matematika di waktu senggang atau sedang kurang kerjaan. Apalagi bagi mereka yang sudah membaca buku Biografi Angka Nol yang pernah saya resensi sebelumnya. Saya yakin, kalian mendapatkan suatu keterhubungan cerita film dan cerita yang terbaca dibuku semakin membuat kalian penasaran dengan filosofi angka-angka. Saya yakin itu!


Tentang orang-orang disebalik sukses film ini, saya copas data berikut dari wikipedia, penting:


9 adalah film fantasi/laga animasi Amerika Serikat tahun 2009 yang disutradarai oleh Shane Acker dan diproduksi oleh Tim Burton danTimur Bekmambetov. Film ini diisisuarakan oleh Elijah WoodJohn C. ReillyJennifer ConnellyCrispin GloverMartin Landau danChristopher Plummer. Film ini diangkat dari film animasi pendek Acker tahun 2005 yang berjudul sama.



Sekian, dan salam dari Emperom, Banda Aceh.

Comments

Popular posts from this blog

Stratifikasi Sosial Dalam Sosiologi - Bag. I

Review Buku Melukis Islam Karya Kenneth M. Goerge

Orasi Sastra Remi Sylado Pada Acara Napak Tilas Rendra