Review Tesis: Sosialisme Dalam Islam; Kajian Pemikiran Sayyid Quthb


(Semacam) Pengantar
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Prosedur Penelitian (Teknik Penulisan Proposal Tesis), saya sebagai salah satu mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Ar-Raniry Jurusan Pemikiran Dalam Islam akan mencoba mereview sebuah tesis yang berjudul Sosialisme Dalam Islam (Suatu Kajian Terhadap Pemikiran Sayyid Quthb). Tesis ini disusun oleh Abd. Djalil Ya’cob dan diselesaikan penulisan serta pertanggungjawabannya pada tahun 2009.
Adapun yang melatarbelakangi saya dalam mengambil judul tesis ini untuk direview ulang tidak lain disebabkan karena saya merasa tertarik dengan konsep sosialisme yang sejatinya ketika topik ini dibicarakan dalam lingkup umum, orang banyak akan langsung berpemahaman atau berpikiran bahwa ide ini erat kaitannya dengan komunis serta sama sekali tidak bersentuhan dengan Islam. Beranjak dari stereotipe publik (awam) yang mengidentikkan sosialisme dengan komunis inilah penyusun merasa mesti mengkaji lebih lanjut tentang sosialisme itu sendiri hingga pada akhirnya dapat memahami konsepnya secara lebih terperinci.
Sebagai bentuk usaha untuk memahami konsep sosialisme secara lebih terperinci seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saya sangat beruntung ketika menemukan tesis yang akan direview ini di perpustakaan. Dengannya bisa didapatkan banyak pengetahuan baru yang memungkinkan membuka cakrawala berpikir saya dalam memahami konsep-konsep pemikiran yang telah mempengaruhi gaya hidup serta alam berpikir masyarakat dunia. Dalam konteks lebih jauh konsep-konsep tersebut dengan sedemikian rupa telah mengubah arah perputaran percaturan politik dunia. Tapi entahlah.
Lebih lanjut dalam review ini saya (dengan segala keterbatasan pemahaman yang ada di kepala) akan membatasi pembahasannya dalam beberapa aspek saja. Di mana aspek-aspek yang akan dibahas tersebut, di antaranya mencakup: Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tinjauan Kepustakaan, Metodologi Penelitian, Ringkasan Bab-bab Bahasan, dan Kesimpulan. Jelasnya, saya hanya akan meninjau 'isi kepala' seorang Abd. Djalil Ya'cob tentang 'prasangka' dan bahasannya mengenai sosialisme dalam Islam yang telah digagas oleh seorang tokoh dunia bernama Sayyid Qutbh, di mana peninjauan tersebut hanya berkitar di sekitaran aspek-aspek yang terdapat dalam banyak buku prosedur penelitian sebagaimana telah dibahas sebelumnya. 
Sebagaimana tulisan review pada umumnya, di sini penyusun akan mencoba memberikan komentar (analisa) terhadap aspek-aspek yang tersebut sebelumnya, baik itu dalam konteks kritikan maupun sebaliknya. Tentu saja, analisis yang diungkapkan nantinya jauh dari taraf sempurna mengingat keterbatasan pengetahuan pada saya sendiri, sehingga memungkinkan untuk ditindaklanjuti (diarahkan atau dikritisi ulang) oleh pihak-pihak yang lebih berkompeten pada kajian ini. Sebagai alasan kenapa review ini mesti dikaji ulang oleh pihak yang lebih ahli dalam bidang ini, itu karena pisau analisa penyusun masih tumpul dan walau pun sudah berkali-berkali diasah pada batu asah yang bagus tapi tetap saja ianya masih belum seberapa tajam dibandingkan dengan pisau-pisau pemikiran yang dipunyai oleh analis-analis hebat lainnya. Untuk keterangan yang disebutkan terakhir ini, saya merasa bingung sendiri kenapa bisa pikiran penyusun masih saja tumpul begitu rupa? Atau barangkali ada yang salah dengan saraf berpikir yang ada di kepala saya? Saya sama sekali tak bisa menjawabnya.
Maka upaya mereview tesis yang telah ditulis dan diteliti oleh Abd. Djalil Ya’cob, yang berkaitan dengan aspek-aspek seperti yang telah disebutkan sebelumnya, secara sistematis dapat ditinjau pada bahasan-bahasan selanjutnya, di mana isi dari review yang dimaksud akan diposting di lain waktu ketika saya sama sekali tidak sibuk. Terima kasih! 

Nb. Tulisan ini dipersiapkan dan akan diajukan sebagai tugas ujian akhir semester. Saya berdo'a kepada Allah swt. agar dosen membaca habis tulisan saya.

Comments

  1. Saya berdo'a kepada Allah swt. agar dosen membaca habis tulisan saya.<--- ini yang paling menarik dari artikel di atas. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Stratifikasi Sosial Dalam Sosiologi - Bag. I

Review Buku Melukis Islam Karya Kenneth M. Goerge

Orasi Sastra Remi Sylado Pada Acara Napak Tilas Rendra