Cara Gampang Mengelola Blog

"Jika ngeblog adalah sebuah pilihan. Maka bertanggung jawablah dengan itu pilihan. Seperti bagaimana bertanggung jawab dengan seorang istri setelah kau nikahi. Kau harus memberinya nafkah sehari-hari. Ngeblog begitu juga. Kau harus menafkahinya jika ingin disebut seorang yang bertanggung jawab. Jika tidak, ya tak usah tentukan pilihan."

Itulah opini yang saya bangun dalam pikiran untuk diri sendiri. Setelah memutuskan untuk belajar menjadi blogger, saya menekankan pada diri sendiri bahwa bertanggung jawab terhadap blog itu penting. Sepenting menafkahi seorang istri. Kira-kira begitulah.

Bertanggung jawab yang saya maksud di sini adalah dalam artian bagaimana mengelolanya agar blog kita eksis di mata dunia. Tidak semata-mata, setelah buat, lantas sudah. Terbengkalai tak menentu. Namun dalam mengelolanya, ada pentingnya juga untuk terlebih mengerti dulu dasar apa kita membuat sebuah blog. Intinya seperti ilustrasi gambar di atas. Ada banyak macam orientasi seseorang membuat blog. Ada yang ingin sekadar eksis, buat gaya-gayaan, tempat narsis, ngejar trafik, memperindah tampilan, bikin link atau nama yang kontroversi, mempelajari SEO, dan lain sebagainya; yang ujung-ujungnya blog yang dikelola dapat menghasilkan uang nantinya.


Berangkat dari banyak orientasi seperti itu, saya sempat merasa pusing. Newbie seperti saya berharap dapat dollar dari blog adalah mimpi. Sambil bermimpi-mimpi itulah dari sejak pertama blog ini dibuat, saya selalu mengubah ini itu, utak atik sana sini, sampai kemudian saya mengerti bahwa hal paling penting dalam mengelola blog adalah dengan intens menulis. Intens mengisi dengan tulisan-tulisan, bukan malah gonta-ganti tampilan.

Dari intensitas menulis, saya beranggapan blog akan bisa berdikari sendiri dalam dunia maya. Dengan banyaknya tulisan yang terposting, konon lagi jika tulisan-tulisan yang dihasilkan adalah tulisan yang bermutu. Banyak manfaat buat orang banyak, blog akan bisa berpetualang dengan sendirinya di pelbagai mesin pencari. Mau di google, yahoo, bing, dan lain sebagainya. Jadi segampang-gampangnya mengelola sebuah blog adalah dengan intens menafkahinya dengan banyak tulisan. Itu saja. Hmmmm... Ini lebih kepada peringatan untuk diri sendiri.[]



Comments

Popular posts from this blog

Stratifikasi Sosial Dalam Sosiologi - Bag. I

Review Buku Melukis Islam Karya Kenneth M. Goerge

Orasi Sastra Remi Sylado Pada Acara Napak Tilas Rendra